Selasa, 19 Oktober 2010

SOAL-SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA

1. Terdapat 7 orang (namakan A, B, C, D, E , F dan G) yang berdiri membentuk lingkaran. Mereka bermain bola dengan aturan, lemparan pertama dari A menuju D, lemparan kedua dari D menuju G, lemparan ketiga dari G menuju C dan seterusnya. Pada lemparan keberapa pemain A menerima bola lagi untuk pertama kalinya?

2. Pak Akhnaf mempunyai sebuah taman berbentuk seperti tampak pada gambar di bawah. Di sekeliling taman dipasangi paving block berbentuk persegi. Jika luas keseluruhan paving block 60m2, berapakah luas taman Pak Akhnaf?









3. There are 30 multiple choice questions in a test. Four marks are awarded for each question answered correctly and 1 marks deducted for each question answered incorrectly. No marks are awarded or deducted for each question left unanswered. If pupil scores 88 mark in the test, what is the greatest possible number of questions be answered correctly?

4. Bilangan asli disusun ke dalam 4 kolom (kolom A, B, C dan D) sesuai dengan pola berikut.







Terletak pada kolom apakah bilangan 2008?


5. Perhatikan gambar berikut ini.






6. Pak Akhmad membaca buku dari halaman 26 sampai 178. Dari bilangan 26 sampai dengan 178, berapa banyak bilangan yang habis dibagi 3?

7. Berapa banyak angka nol pada bilangan 450 x 5150 x 2200.

8. A bag contains 80 balls, 30 of them are red, 20 are green, 15 are yellow and the rest are either black or white. What is the smallest number of balls you must take from the bag to make sure that you have at least 15 balls of the same colour?


9.







10. Untuk keperluan suatu pesta, seseorang membeli jeruk dan apel yang sama banyak. Setiap satu bungkus apel berisi 3 buah dijual seharga Rp4.000,00 dan setiap satu bungkus jeruk berisi 4 buah dijual seharga Rp3.000,00. Untuk keperluan tersebut dia membayar pembelian apel Rp21.000,00 lebih banyak dari pada pembelian jeruk. Tentukan berapa harga pembelian keseluruhan.

11. Pak Amin mempunyai 6 buah pulpen yang berbeda. Setiap hari kerja, Pak Amin membawa 2 buah pulpen untuk dibawa ke kantor. Apabila Pak Amin menginginkan setiap hari membawa pasangan pulpen yang berbeda, setelah berapa hari Pak Amin membawa pasangan yang terakhir?

12. Jumlah dari 4 bilangan asli A,B,C dan D adalah 225. Diketahui AX4=BX3=CX2=D. Tentukan keempat bilangan tersebut.

13. Amir dan Budi mengerjakan suatu tes berbentuk pilihan ganda. Keduanya menjawab semua pertanyaan. Amir menjawab dari total pertanyaan dengan benar, sedangkan Budi menjawab dengan salah 5 pertanyaan. Apabila jawaban kedua orang tersebut digabungkan, maka keduanya menjawab dengan benar dari total pertanyaan. Tentukan selisih terkeci jawaban yang benar antara kedua orang tersebut.


14. Jika Amir dan Budi bekeja bersama maka suatu pekerjaan dapat diselesaikan selama 10 hari. Apabila Budi dan Cecep bekerja sama maka pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dalam 15 hari, sedangkan apabila dikerjakan Amir dan Cecep maka pekerjaan akan selesai dalam 12 hari. Berapa hari yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut apabila ketiganya mengerjakan bersama-sama?
15. Let N be an even number. If the sum of the digits of N is 50, find the smallest possible value of N.
16. What is the missing number?
.
Tentukan nilai dari .

A clock is set correct at 10 a.m. Since then, for every minute that passes, it loses 5 seconds. What the actual time when the clock shows 9 p.m. that day?

FPB dari m dan n adalah 6 dan KPK dari m dan n adalah 210. tentukan Nilai terkecil dari m+n.
Point A, B, C and D lie on a straight line. A is not between B and C. D is midpoint of BC. The distance from A to D is 20cm. The distance from A to C is 12cm. What is the distance from A to B?

17. Perhatikan pola bilangan berikut.




Tentukan nilai n.
18. Dari jajargenjang pada gambar di bawah ini diketahui AB=4cm dan AD=10cm. Hitunglah panjang AC!







19. What fraction of this rectangle is shaded?



Jumlah dari 4 bilangan asli A,B,C dan D adalah 450. Diketahui A=BX2=CX3=DX4. Tentukan keempat bilangan tersebut.
Pak Budi mempunyai 3 sepatu dan 6 dasi untuk dipakai bekerja. Pak Budi ingin memasangkan semua sepatu dan dasi pada saat berangkat bekerja. Setiap hari Pak Budi menggunakan pasangan sepatu dan dasi yang berbeda. Jika setiap minggunya Pak Budi bekerja hari Senin sampai dengan Jum’at dan pasangan pertama dipakai mulai hari Senin, pada hari apakah Pak Budi menggunakan pasangan yang terakhir?
20. Luas permukaan suatu balok tampak seperti pada gambar. Tentukan volum balok.







Pak Abun menjual dua buah rumah yang masing-masing harganya Rp52.000.000,00. Ia memperoleh keuntungan 30% dari rumah pertama, tetapi menderita kerugian 20% dari rumah kedua. Ternyata secara keseluruhan Pak Abun mengalami kerugian. Berapa rupiahkah kerugiannya?
Ada enam pemain yang biasa bermain ganda di sebuah perkumpulan bulu tangkis, yaitu Ahmad, Tatang, Didi, Wono, Roberd, dan Sisworo. Ada berapa pasangan berbeda yang bisa dibentuk dari keenam pemain tersebut?
Pukul 08.15 Aminah bersepeda dari P menuju Q dengan kecepatan 16km/jam. Tiga perempat jam kemudian Abdullah menyusul bersepeda dengan kecepatan 20km/jam. Pukul berapakah Aminah tersusul oleh Abdullah?
Sekelompok siswa akan menggunakan sejumlah komputer. Jika setiap komputer digunakan oleh dua orang, ada tujuh siswa yang tidak mendapat komputer. Sebaliknya, jika setiap komputer digunakan oleh tiga orang, ada dua komputer yang tidak terpakai. Berapa banyak siswa yang akan menggunakan komputer tersebut?
Diketahui 2M.5N = 128.000.000. Tentukan M+N.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar